The Charming Price

Charming price adalah istilah yang digunakan psikolog terhadap angka dalam harga yang dapat mempengaruhi buying behaviour seseorang.

Harga yang disebut “Charming” adalah harga yang mengandung unsur angka 9, angka ini telah menjadi primadona dalam dunia marketing khususnya pricing strategy, sadar maupun tanpa sadar, kita bisa jadi telah membeli  banyak barang tanpa pikir panjang hanya karena ada angka “9” nya. Ah masa sih? yuk kita lihat penelitiannya:

charming-price

Penelitian tersebut dilakukan oleh Holdershaw dkk pada tahun 1997, mereka membandingkan performa penjualan produk dengan harga akhiran 0 vs 1 vs 2 dan seterusnya sampai 9, dan berikut hasilnya:

charming-price

Produk yang sama persis, dijual dengan harga berakhiran 9 menunjukkan performa paling optimal pada penjualan, 721 sales (60,7%), padahal secara besar harga, akhiran 9 lebih mahal dari yang akhiran 1 atau 2. Tahan dulu takjubnya, saya kasih 1 lagi, ini adalah penelitian dari MIT & University of Chicago yang dibahas dalam Harvard Business Review tahun 2013, mereka melakukan penelitian di toko ritel pakaian wanita, objeknya berupa dress, mereka memberi label harga berbeda pada 1 dress yang sama persis, sebagian dress tersebut diberi harga $34, sebagian diberi harga $39, secara jumlah jelas $39 lebih mahal, tapi ternyata, dress dengan label ahgra $39 membuat sales meningkat sebesar 25%, menakjubkan !

Lalu apa landasan ilmu psikologi dibalik kehebatan angka 9 ini? silahkan simak video saya berikut ini:

 

Referensi:

1. Schindler, R. M., & Kibarian, T. M. (2001). Image communicated by the use of 99 endings in advertised prices. Journal of Advertising30(4), 95-99.

2. Schindler, R. M., & Kibarian, T. M. (1996). Increased consumer sales response though use of 99-ending prices. Journal of Retailing72(2), 187-199.

[amp-cta id=’8561′]

  • Share post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.